Minggu, 10 Juni 2012

MENJADI MANUSIA BARU

Menjadi manusia baru
Ibrani 12 : 14 - 17


Untuk menjadi manusia baru harus meninggalkan kehidupan lama kita, dan berpindah kepada kehidupan yang diubahkan. sekarang pertanyaannya, bagaimana caranya bahwa kita memiliki kehidupan yang baru ?
Seperti yang dikatakan Rasul Paulus dalam Ibrani 12 yaitu :
1. Berusaha berdamai dengan semua orang
    Artinya kita harus berusaha untuk bisa hidup berdamai dengan siapapun, baik itu musuh kita sekalipun maupun orang yang menyakiti kita.(Mat. 5 : 23-24). Tuhan mengajarkan kita agar bisa berdamai tanpa melihat siapa yang salah atau siapa yang benar, tetapi apapun yang menjadi ganjalan dalam hati, kita harus menyelesaikan supaya tidak menjadi kepahitan (Ef. 4: 31-32).band Mat.5 : 9
2. Kejarlah kekudusan
    Kekudusan perlu di kejar karena kecederungan kita adalah ketidakkudusan alias kecemaran (Ef 5 : 3). Kita sebagai tubuh Kristus harus hidup dalam kekudusan, karena Kristus sebagai Kepala Gereja telah kudus supaya antara Kepala dan tubuh bisa bersatu. Sebab tanpa itu kita tak mungkin bisa melihat Tuhan, arti kita ngak mungkin bisa menikmati berkat dan mujizat Tuhan sekalipun itu hak kita di dalam Kristus Yesus.
3. Menjaga Kasih Karunia
    Banyak diantara kita yang seringkali menyia-nyiakan kasih karunia Tuhan, kecenderungan kita, bahwa sesuatu pemberian sering hal itu kita anggap remeh dan kurang menghargai. 1 Petrus 1 : 13 menasehatkan bahwa hendaknya kita menyiapkan akal budi kita, atau pikiran kita kemudian kewaspadaan kita dan meletakkan pengharapan kita kepada Kristus.Supaya tidak tumbuh akar pahit dan menimbulkan kerusuhan dalam hidup kita dan orang laian.
4. Nafsu Rendah
    Kekurangan fokus kepada Allah orang bisa memiliki nafsu rendah yaitu menjual Kristus hanya karena masalah kebutuhan hidup, kedudukan atau jabatan,  masalah pasangan hidup bahkan masalah pekerjaan kadang kita tidak menghargai pengorbanan Kristus . Seperti Esau menjual hak kesulungan hanya sepiring makanan.
Jadi kita akan memiliki sebuah kehidupan yang baru jika kita berusaha untuk hidup seperti dalam Ibrani 12 ini.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar