Selasa, 19 Juni 2012

Bahan Kotbah " Doa yang mengerakkan hati Tuhan "

DOA YANG MENGERAKAN HATI TUHAN
Tidak semua doa Allah langsung memberikan Jawaban saat kita berdoa, tetapi kita akan melihat bagaimana pengalaman  orang – orang yang ada disekitar Tuhan Yesus memperoleh jawaban atas masalah mereka. Dan Tuhan memberikan jalan keluar saat ada masalah. Pertanyaannya  Doa yang bagaimana bisa mengerakan Hati Tuhan.
1. Doa dengan Iman/ Perkataan (yun  rhma phistis ( Mat 9 : 21 band, Roma 10 : 8 )
   ‘ Asal ku jamah saja jubahNya aku akan sembuh “  ini adalah perkataan iman atau firman iman
Firman iman atau perkataan iman adalah perkataan yang positif yang bisa menyentuh Hati Tuhan.
2. Perkataan yang memposisikan sebagai bawahan atau hamba (yun ikanov  Mat 8 : 8 – 9 )
‘ Tetapi jawab perwira itu kepadaNya ‘ Tuan, aku tidak layak menerima Tuan dirumahku, katakan saja sepatah kata, maka hambaku itu akan sembuh. Sebab aku sendiri seorang bawahan, dan di bawahku ada pula prajurit.
3. Perkataan yang disertai dengan tangisan (yun kradzo  Mark. 10 : 48; 51 )
” Banyak orang menegurnya supaya ia diam. namun semakin keras ia berseru : “  Anak Daud kasihanilah aku !” Tanya Yesus kepadanya : ” Apa yang kaukehendaki supaya Aku perbuat bagimu “
4. Perkataan penuh penyesalan ( Luk 15 : 21 )
“Kata anak itu kepadanya: Bapa, aku telah berdosa terhadap sorga dan terhadap bapa, aku tidak layak lagi disebutkan anak bapa. “
5. Perkataan yang penuh kerendahan ( Mat 15 : 27 )
‘Kata perempuan itu: “Benar Tuhan, namun anjing itu makan remah-remah yang jatuh dari meja tuannya.”
seperti tertulis ” … orang yang rendah hati dikasihNya ” Amsal 3: 34b
Jika berdoa dengan benar yaitu berkata – kata positif  dengan hati yang hancur sebagi bentuk kerendahan hati kita disertai dengan ratap tangin maka itu akan mengerakkan hati Tuhan untuk memberikan jawaban atas pergumulan kita .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar