Senin, 17 September 2012

Bahan Khotbah " Tiga Prinsip dlm Doa"

TUHAN YESUS MENGAJARKAN 3 PRINSIP DALAM DOA
Matius 7 : 7

Banyak buku yang menguraikan, bagaimana berdoa yang dijawab. Namun kita akan belajar sendiri beberapa prinsip berdoa yang benar yang diajarkan oleh Kristus sendiri. Tuhan Yesus memberikan 3 prinsip yang harus dimiliki oleh kita sebagai milik Tuhan.

1. MINTALAH
Minta adalah suatu sikap yang banyak dilakukan oleh seorang anak kepada orang tuannya atau seorang anak kepada Bapanya. Kenapa Tuhan menyuruh kita untuk minta, karena banyak anak Tuhan yang tidak dapat menikmati kekayaan Bapa, disebabkan mereka tidak pernah memintannya, cuma tahunya marah dan kecewa, hal ini pernah digambarkan dalam perumpamaan anak yang sulung, ketika melihat adiknya yang dipestakan dan diberi jubah yang bagus, kakaknya iri karena sudah berkerja dan bersama Bapanya tetapi tidak pernah dipestakan, tapi jawab Bapanya semua yang Bapa punya adalah milikmu. (Lukas 15 : 28-31). Jadi betapa pentingnya kalau kita belajar minta, cuma pertanyaannya permintaan yang bagaimana yang bisa dijawab oleh Tuhan.
Permintaan yang dijawab Tuhan:
  1. Minta dalam nama namaKU ( Yoh. 14 : 13)
  2. Tinggal dalam Kristus dan firmanNya kita simpan dalam hati kita ( Yoh. 15 : 7)
  3. Minta dengan iman ( Yoh. 1 : 6 
2. CARILAH 
Carilah artinya suatu usaha untuk memperoleh apa yang kita inginkan atau harapkan. Hal ini membutuhkan suatu perjuangan yang sungguh-sungguh, ketika kita benar-benar mencarinya maka kita akan mendapatkan. Dalam mencari dibutuhkan sebuah ketaatan kepada Allah, maka kita akan menerima melebihi apa yang kita harapkan.
TENTUNYA yang pertama kita cari adalah cari kehendaknya. Matius 6 : 33, jika kita mencari kerajaanNya terlebih dahulu maka yang lainnya akan diberikan melebihi dari apa yang kita harapkan. Karena saat kita mencari kebenaran Tuhan dan kita berada dalam zona kerajaan Kristus maka kita sedang berada dalamsumber pokok dari apa yang manusia inginkan. Serta ditambah perkara-perkara yang di atas itu menjadi fokus kita. ( Kol. 3 : 1-2)
3. KETOKLAH
Ketoklah ini menunjukkan sebuah ketekunan untuk terus mengetuk pintu Tuhan sekalipun Tuhan tidak segera menjawabnya. Ada banyak hal bagaimana kita mengetok sebuah pintu, jika kita mengetok dengan sopan maka tuan yang empunya rumah akan mempersilahkan saudara masuk dalam rumanya, untuk menikmati hidangkan. Tetapi  jika kita mengetok dengan tidak mengindahkan sopan santun maka saudara akan diusir sama yang empunya rumah. jadi sekalipun kadang doa kita belum dijawab jangan pernah berlaku tidak sopan sama Bapa, karena siapa kita mau mengatur Tuhan. Tapi yang jelas Tuhan berjanji bahwa saat saudara mengetok pintu sebenarnya Allah sedang berjalan untuk membuka pintu buat saudara untu masuk.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar