Rabu, 30 November 2016

Instrumen Gaya Kognitif

 Instrumen Gaya Kognitif
Silas Sudarman
 Ada banyak definisi yang berbeda dari gaya kognitif. Tennant (1988) didefinisikan kognitif sebagai "karakteristik dan konsisten pendekatan individu untuk mengatur dan memproses informasi. Witkin, Oltman, Raskin, & Karp. (1971) dalam Martin (1991) menyebutkan bahwa gaya kognitif sebagai '' karakteristik, mode diri secara konsisten yang fungsi dimana individu menunjukkan dalam persepsi mereka dan kegiatan intelektual. Berdasarkan definisi di atas, maka gaya kognitif merujuk kecenderungan yang konsisten dan karakteristik individu mempersepsi, mengingat, pengorganisasian, pengolahan, pemikiran, dan pemecahan masalah.
Gaya Kognitif dalam penelitian menggunakan instrumen Group Embedded Figures Test (GEFT), yang dikembangkan oleh Witkin, H.A, Oltman, P.K Raskin, E. (1971). Pertimbangan menggunakan Instrumen GEFT dalam penelitian ini, sebagai berikut: (1) Pada bagian awal test dilengkapi praktek atau latihan, sehingga siswa dapat menjawab test ini dengan jelas karena telah dilatih sebelumnya; (2) waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan test ini cukup singkat (delapan belas menit); dan (3) test ini mudah di admnistrasikan, tidak memerlukan keterampilan khusus; serta (4) test ini valid dan reabel karena sudah mengalami sejumlah pengujian.
Instrumen GEFT terdiri atas dua contoh penyelesaian soal gambar dan 25 soal gambar kompleks yang harus diselesaikan oleh siswa berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Tes ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian I terdiri dari tujuh soal gambar kompleks di beri waktu 2 menit untuk praktek, bagian II dan bagian III masing-masing terdiri dari sembilan soal gambar kompleks. Di bagian belakang  instrumen, ada delapan gambar sederhana untuk diidentifikasi sesuai keterangan huruf kapital. Untuk setiap gambar kompleks, siswa harus menemukan satu bentuk gambar sederhana yang mirip dengan salah satu dari delapan gambar sederhana pada bagian belakang instrumen. Para siswa diperbolehkan melihat sebanyaknya sesuai kehendak mereka selama pengujian berlangsung. Alokasi untuk setiap bagian dapat dilihat pada Tabel 1  berikut.


Tabel 1     Alokasi Waktu
Bagian
Jumlah gambar yang komplek
Alokasi Waktu
II
9
6
III
9
6
Jumlah
18
12

Untuk mengklasifikasikan siswa yang memiliki gaya kognitif tipe field Independent (FI) atau tipe field dependent (FD), Jika siswa mendapat skornya 10 dari skor maksimal yang dapat diperoleh siswa jika menjawab seluruh butir dengan benar, diklasifikasikan sebagai siswa yang memiliki gaya kognitif tipe FI. Sedangkan siswa yang memiliki skor kurang dari 10 dari skor maksimal yang dapat diperoleh siswa jika menjawab seluruh butir dengan benar diklasifikasikan sebagai siswa yang memiliki gaya kognitif tipe FD. (Garton B.L. Dyer, and King 2000).


Referensi
Garton, D.  & King. 2000. The Use of Learning Styles and Admission Criteria in Predicting Academic Performance and Retention of College freshmen. Journal of Agricultural Education, volume 41, Number 2. pp. 46-53. (Online), (http://www.jae-online.org/attachments/article/444/41-02-46.pdf).
Martin, D.S. 1991. Advances in Cognition, Education. and Deafness, Washington, Gallaudet University Press. (Online), (https://books.google.co.id/books? . id=qHRVc1fYBHYC&p ), 
Tennant, M. 1988.  Psychology and adult learning. London: Routledge, 89
Witkin, H. A., Oltman, P.K., Raskin, E. & Karp, S.A. 1971. Embedded Figures     Test, Children's Embedded             Figures Test, Group Embedded Figures Test:            Manual. Palo Alto, CA: Consulting Psychologists   Press. p. 3

Instrument Test GEFT

Instrument Test GEFT
silas Sudarman

Instrumen test GEFT (Group Embedded Figures Test) dikembangkan oleh Herman A. Witkin et al. 1971. digunakan untuk menilai gaya kognitif Field Independent atau Field Dependent (misalnya, Witkin & Goodenough, 1981). Tes ini dimaksudkan untuk menguji kemampuan Anda dalam menemukan bentuk sederhana yang tersembunyi dalam suatu pola gambar yang kompleks.Gambar berikut merupakan bentuk sederhana yang diberi nama 'x' 

 




Bentuk sederhana ini, yang dinamai ‘x ‘ tersembunyi di dalam gambar yang lebih kompleks di bawah ini.:







Coba temukan bentuk sederhana (x) tersebut pada gambar kompleks, dan tebalkan dengan pensil bentuk yang Anda temukan tadi. Bentuk yang ditebalkan haruslah bentuk yang mempunyai ukuran, perbandingan dan arah menghadap yang sama dengan bentuk sederhana (x)
Jika Anda selesai, baliklah halaman ini untuk memeriksa jawaban
Ini adalah jawaban yang benar dari gambar yang diminta




Perhatikan bahwa gambar segitiga di sisi kanan itu adalah bentuk sederhana yang benar ; gambar segitiga di sisi kiri adalah sama, tetapi menghadap dalam arah berlawanan, sehingga bukan jawaban yang benar.

Bagi yang membutuhkan Instrumen ini bisa kirim pesan ke "Kerigma" dengan mencatumkan alamat emailnya dan jangan lupa menyebutkan kuliah dimana, pasti diusahakan.