Instrumen Gaya Kognitif
Silas Sudarman
Gaya Kognitif dalam penelitian menggunakan instrumen Group Embedded Figures Test (GEFT), yang
dikembangkan oleh Witkin, H.A, Oltman, P.K Raskin, E. (1971). Pertimbangan
menggunakan Instrumen GEFT dalam penelitian ini, sebagai berikut: (1) Pada bagian awal test dilengkapi praktek atau
latihan, sehingga siswa dapat menjawab test ini dengan jelas karena telah
dilatih sebelumnya; (2) waktu yang dibutuhkan untuk mengerjakan test ini cukup
singkat (delapan belas menit); dan (3) test ini mudah di admnistrasikan, tidak
memerlukan keterampilan khusus; serta (4) test ini valid dan reabel karena
sudah mengalami sejumlah pengujian.
Instrumen GEFT terdiri
atas dua contoh penyelesaian soal gambar dan 25 soal gambar kompleks yang harus
diselesaikan oleh siswa berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Tes ini dibagi
menjadi tiga bagian. Bagian I terdiri dari tujuh soal gambar kompleks di beri
waktu 2 menit untuk praktek, bagian II dan bagian III masing-masing terdiri
dari sembilan soal gambar kompleks. Di bagian belakang instrumen, ada delapan gambar sederhana untuk
diidentifikasi sesuai keterangan huruf kapital. Untuk setiap gambar kompleks,
siswa harus menemukan satu bentuk gambar sederhana yang mirip dengan salah satu
dari delapan gambar sederhana pada bagian belakang instrumen. Para siswa
diperbolehkan melihat sebanyaknya sesuai kehendak mereka selama pengujian
berlangsung. Alokasi untuk setiap bagian dapat dilihat pada Tabel 1 berikut.
Tabel 1 Alokasi Waktu
Bagian
|
Jumlah gambar yang
komplek
|
Alokasi Waktu
|
II
|
9
|
6
|
III
|
9
|
6
|
Jumlah
|
18
|
12
|
Referensi
Garton,
D. & King. 2000. The Use of Learning
Styles and Admission Criteria in Predicting Academic Performance and Retention
of College freshmen. Journal of
Agricultural Education, volume 41, Number 2. pp. 46-53. (Online), (http://www.jae-online.org/attachments/article/444/41-02-46.pdf).
Martin, D.S. 1991. Advances
in Cognition, Education. and Deafness, Washington,
Gallaudet University Press. (Online), (https://books.google.co.id/books?
. id=qHRVc1fYBHYC&p ),
Tennant, M. 1988. Psychology and
adult learning. London: Routledge, 89
Witkin, H. A.,
Oltman, P.K., Raskin, E. & Karp, S.A. 1971. Embedded Figures
Test,
Children's Embedded Figures Test, Group Embedded Figures Test: Manual. Palo Alto,
CA: Consulting Psychologists Press. p. 3