Senin, 28 Oktober 2013

RAPOR KURIKULUM 2013

MODEL RAPOR KURIKULUM 2013
Rapor SD untuk kurikulum 2013 ada dua model, mana yang akan diterapkan masih belum ada ketentuan, cuma alangkah baiknya jika teman - teman guru dapat melihat atau mengetahui untuk jadi landasan / acuan dalam menulis rapor.
Model yang pertama






LAPORAN
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
SEKOLAH DASAR
     





Nama Sekolah            : SDKr.   Mutiara kasih
NSS                            :
Alamat Sekolah          : Jl. Jakarta 50 , surabaya
                                      Kode Pos 40531 Telp 022 1234567
Desa/Kelurahan          : Taman Indah
Kecamatan                 : Muara Baru
Kabupaten/Kota          : Harapan Biru
Provinsi                       : Jawa Timur



 

A.   PETUNJUK

1.    Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini merupakan ringkasan hasil penilaian terhadap seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Laporan perkembangan dan hasil belajar peserta didik secara rinci, disajikan dalam portofolio yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini.
2.    Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini dipergunakan selama Peserta Didik yang bersangkutan mengikuti pelajaran di Sekolah Dasar;
3.    Apabila pindah sekolah, buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini dibawa oleh Peserta Didik yang bersangkutan untuk dipergunakan di sekolah baru dengan meninggalkan arsip/copy di sekolah lama;
4.    Apabila buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini hilang, dapat diganti dengan Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pengganti yang disahkan oleh Kepala Sekolah asal;
5.    Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini harus dilengkapi dengan pas foto(3 cm x 4 cm) dan pengisiannya dilakukan oleh Guru Kelas;
6.    Laporan penilaian memuat hasil belajar yang disajikan secara deskriptif untuk masing-masing kompetensi inti.

7.    Laporan perkembangan fisik/kesehatan diisi dengan data kuantitatif berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan guru atau pihak lain yang relevan.

8.    Laporan kondisi kesehatan diisi dengan deskripsi hasil pemeriksanaan yang dilakukan guru atau pihak lain yang relevan.

9.    Kolom ketidakhadiran diisi dengan data akumulasi ketidakhadiran siswa, baik karena sakit, izin, maupun tanpa keterangan dalam satu semester.




B.   IDENTITAS PESERTA DIDIK
1.    Nama Peserta Didik
:
Edna Eodia
2.    Nomor Induk
:
131426913
3.    Tempat, Tanggal Lahir
:
Surabaya, 03-08-2006
4.    Jenis Kelamin
:
Perempuan
5.    Agama
:
Kristen
6.    Pendidikan sebelumnya
:
TK. Mutiara Kasih
7.    Alamat Peserta Didik
:
Jl.Surabaya 75
8.     Nama Orang Tua
:

a.  Ayah
:
Wawan Darmawan
b.  Ibu        
:
Putri Anggraini
9.     Pekerjaan Orang Tua
:

a.  Ayah
:
Dosen
b.  Ibu        
:
Guru
10.  Alamat Orang Tua
:

Jalan
:
Jl. Surabaya 75
Kelurahan/Desa
:
Taman Indah
Kecamatan
:
Muara Baru
Kabupaten/Kota
:
Harapan Biru
Provinsi
:
Jawa Timur
11.  Wali Peserta Didik
:

a.  Nama
:
.......................................................................................
b.  Pekerjaan
:
.......................................................................................
c.  Alamat
:
.......................................................................................
                       



3 X 4 CM
                                                           Mutiara Kasih, 15 Juli 2013
                                                             Kepala Sekolah,






Sinar darmawan, M.Pd
                                                             NIP. 1234567890







Nama Peserta Didik
:
Edna Eodia
Kelas
:
5
Nomor Induk
:
131426913
Semester
:
1 (satu)
Nama Sekolah
:
SD Kr. Mutiara Kasih
Tahun Pelajaran
:
2013 / 2014
Alamat Sekolah
:
Jl.  Jakarta 50, Surabaya




A.   Pengetahuan
Aspek
Catatan
Mengingatdan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
·   dirinya,
·   makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
·   benda-benda lain di sekitarnya
·      Sudah mengenal simbol-simbol sila Pancasila dengan baik.
·      Memiliki pemahaman yang baik berkenaan dengan “teks petunjuk,” tetapi perlu peningkatan pemahaman berkenaan dengan teks deskriptif dan teks cerita diri.
·      Memiliki pemahaman yang baik tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20, tetapi perlu bantuan lebih lanjut berkenaan dengan mengenal dan memprediksi pola-pola sederhana.
·      Sudah mengenal pola irama lagu bervariasi menggunakan alat musik ritmis, tetapi perlu upaya lebih giat dalam mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi



B.   Keterampilan
Aspek
Catatan
Menyajikan kemampuan mengamati,menanya, dan mencoba dalam:
·   bahasa yang jelas, logis dan sistematis
·   karya yang estetis
·   gerakan anak sehat
·   tindakan anak beriman dan berakhlak mulia

·   Melaksanakan tata tertib dengan sangat baik, teruma yang tampak di sekolah. Masih mengalami kesulitan untuk menceritakan dan mengaitkan prilaku di rumah dan di sekolah terhadap symbol sila Pancasila.
·   Sudah mampu mempraktikkan teks arahan/petunjuk, tetapi masih mengalami kesulitan dalam menirukan teks deskriptif.
·   Sudah terampil menggunakan benda konkrit untuk menelusuri pecahan dan jumlah uang, tetapi masih memerlukan banyak bantuan untuk mendeskripsikan, mengembangkan, dan membuat pola yang berulang.
·   Terampil memainkan pola irama lagu bertanda birama dua dengan tepuk dan gerak, tetapi perlu banyak berlatih dalam menggambar ekspresi dengan menggunakan garis.




C.   Sikap
Aspek
Catatan
KI2 Agma
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
Sudah terbiasa membaca doa sebelum dan setelah melaksanakan kegiatan serta mengucapkan Basmalah sebelum melakukan kegiatan, mampu bergaul dengan teman yang beragam, senang menggunakan bahasa Indonesia dalam pergaulan, menunjukkan keindahan alam sebagai anugrah Tuhan, Perlu upaya lebih giat untuk meningkatkan kebiasaan bersuci sebelum beribadah.
PPKn
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air
Sudah mampu menunjukkan sikap pemaaf dalam pergaulan dengan teman, patuh terhadap tata tertib sekolah,  santun dalam bertutur kata, senang dan tertatik belajar matematika, dan memiliki keinginan untuk merawat tumbuhan,Perlu latihan lebih lanjut berkenaan upaya membangun kepercayaan diri, seperti berbicara atau menyampaikan cerita di depan teman-temannya.

D.   EKSTRAKURIKULER
No.
Kegiatan Ekstrakurikuler
Keterangan

1.

Praja Muda Karana (Pramuka)
Menunjukkan kesungguhan dalam mengikuti kegiatan, memiiki pengetahuan cukup baik , serta terampil dalam baris berbaris.





2.

Diisi jenis ekstrakurikuler pilihan yang diikuti siswa
……………………………………






3.
. ………………………………………




E.    Saran-saran
Sukiono telah mampu menunjukkan keterlibatan dalam kegiatan pembelajaran dan ekstrakurikurikuler dengan  baik. Perlu pembinaan lebih lanjut dan kerjasama orang tua dalam membimbing aktivitas pembelajaran di rumah.

Ketidakhadiran
Sakit                         : 2 hari
Izin                            : 4 hari
Tanpa Keterangan    : 0 hari



Mengetahui:                                                                           Surabaya, 22 Desember 2013
Orang Tua/Wali,                                                                    Guru Kelas,



Putri Anggraini                                                                                   Martatik SPd.                                                                                              NIP 196308291983042004


Nama Peserta Didik
:
……………………………….
Kelas
:
………………
Nomor Induk
:
……………………………….
Semester
:
1 (satu)
Nama Sekolah
:
……………………………….
Tahun Pelajaran
:
20.... / 20.......
Alamat Sekolah
:
…………………………………………………………………………….


……………………………………………………………………………

A.   Pengetahuan
Aspek
Catatan
Mengingatdan memahami pengetahuan faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahu tentang:
·   dirinya,
·   makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya
·   benda-benda lain di sekitarnya
















B.   Keterampilan
Aspek
Catatan
Menyajikan kemampuan mengamati,menanya, dan mencoba dalam:
·   bahasa yang jelas, logis dan sistematis
·   karya yang estetis
·   gerakan anak sehat
·   tindakan anak beriman dan berakhlak mulia



















C.   Sikap
Aspek
Catatan
Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.













Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air














D.   EKSTRAKURIKULER
No.
Kegiatan Ekstrakurikuler
Keterangan

1.

Praja Muda Karana (Pramuka)




2.

Diisi jenis ekstrakurikuler pilihan yang diikuti siswa
……………………………………






3.
. ………………………………………



E.    Saran-saran
…………………………………………………………………………………………………………….........
…………………………………………………………………………………………………………….........
…………………………………………………………………………………………………………….........
…………………………………………………………………………………………………………….........

Ketidakhadiran
Sakit                         : _____ hari
Izin                            : _____ hari
Tanpa Keterangan    : _____ hari



Mengetahui:                                                                           ....................., ...............20......
Orang Tua/Wali,                                                                    Guru Kelas,



                                                                                              ________________________
                                                                                              NIP ...................................... 
  Keputusan:
  Berdasarkan hasil yang dicapai pada   
  semester 1 dan 2, peserta didik ditetapkan
  naik ke kelas                 ( _______________)                             
  tinggal di kelas             (________________)                            
  _________________, _____________20__
  Kepala SD_________________________


_____________________________
 NIP
 




A.   Perkembangan Fisik/Kesehatan

No
Aspek Yang Dinilai
Semester
1
2
1
Tinggi
120 cm
……cm
2
Berat Badan
35 kg
….…kg








B.   Kondisi Kesehatan

No
Aspek Fisik
Keterangan
1.
Pendengaran
Baik
2.
Penglihatan
Baik, tetapi sedikit mengalami kesulitan jika duduk pada baris paling belakang
3.
Gigi
Baik dan terawat
4.
Lainnya ……………….


  1. Catatan Prestasi

No
Jenis Prestasi
Keterangan
1.
Juara I Lomba Cerdas Cermat tingkat Kecamatan
Kegiatan dilaksanakan dalam rangka HUT RI Ke 68 di Kecamatan Muara Baru Kota Harapan Biru
2.
Juara 3 Lomba Baca Nyaring
Dilaksanakan di kelas I-A SD Melati Mewangi Taman Indah









                                                                                            
Mengetahui:                                                                           Surabaya, 22 Desember 2013
Orang Tua/Wali,                                                                    Guru Kelas,



Putri Anggraini                                                                                     Martatik, SPd,
                                                                                            NIP 196308291983042004


KETERANGAN PINDAH SEKOLAH

Nama Peserta Didik : ………………………………………………………………….

KELUAR
Tanggal
Kelas yang Ditinggalkan
Sebab-sebab Keluar atau atas permintaan (Tertulis)
Tanda Tangan Kepala Sekolah, Stempel Sekolah, dan Tanda Tangan Orang Tua/Wali



__________, ___________
Kepala Sekolah,

NIP
Orang Tua/Wali,





__________, ___________
Kepala Sekolah,

NIP
Orang Tua/Wali,





__________, ___________
Kepala Sekolah,

NIP
Orang Tua/Wali,





KETERANGAN PINDAH SEKOLAH

Nama Peserta Didik : ………………………………………………………………….
NO
MASUK
1.
Nama Peserta Didik
………………………………….
_______, ________
Kepala Sekolah,



NIP
Nomor Induk
………………………………….
Nama Sekolah
………………………………….
Masuk di Sekolah ini:
a.   Tanggal

………………………………….
b.   Di Kelas
………………………………….
Tahun Pelajaran
………………………………….
2.
Nama Peserta Didik
………………………………….
_______, ________
Kepala Sekolah,



NIP
Nomor Induk
………………………………….
Nama Sekolah
………………………………….
Masuk di Sekolah ini:
c.   Tanggal

………………………………….
d.   Di Kelas
………………………………….
Tahun Pelajaran
………………………………….
3.
Nama Peserta Didik
………………………………….
_______, ________
Kepala Sekolah,



NIP
Nomor Induk
………………………………….
Nama Sekolah
………………………………….
Masuk di Sekolah ini:
e.   Tanggal

………………………………….
f.    Di Kelas
………………………………….
Tahun Pelajaran
………………………………….



Model Rapor yang ke dua






LAPORAN
HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
SEKOLAH DASAR
     





Nama Sekolah            : ................................................................
NSS                            : ................................................................
Alamat Sekolah          : ................................................................
                                      ................................................................
                                      Kode Pos ................... Telp. ...................
Desa/Kelurahan          : ................................................................
Kecamatan                 : ................................................................
Kabupaten/Kota          : ................................................................
Provinsi                       : ................................................................

















A.   PETUNJUK

1.    Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini merupakan ringkasan hasil penilaian terhadap seluruh aktivitas pembelajaran yang dilakukan peserta didik dalam kurun waktu tertentu. Laporan perkembangan dan hasil belajar peserta didik secara rinci, disajikan dalam portofolio yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini.
2.    Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini dipergunakan selama Peserta Didik yang bersangkutan mengikuti pelajaran di Sekolah Dasar;
3.    Apabila pindah sekolah, buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini dibawa oleh Peserta Didik yang bersangkutan untuk dipergunakan di sekolah baru dengan meninggalkan arsip/copy di sekolah lama;
4.    Apabila buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini hilang, dapat diganti dengan Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik pengganti yang disahkan oleh Kepala Sekolah asal;
5.    Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik ini harus dilengkapi dengan pas foto(3 cm x 4 cm) dan pengisiannya dilakukan oleh Guru Kelas;
6.    Laporan penilaian memuat hasil belajar yang disajikan secara kuantitatif dan diskriptif untuk masing-masing kompetensi.
7.    Keterangan Nilai Kuantitatif
Nilai Kuantitatif dengan  Skala  14 (berlaku kelipatan 0,33) digunakan untuk Nilai Pengetahuan (KI 3) dan Nilai Keterampilan (KI 4). Indeks Nilai Kuantitatif dengan Skala 1 – 4 dan 0-100 adalah :
Konversi nilai akhir
Predikat
(Pengetahuan dan Keterampilan)
Klasifikasi Sikap dan Ekstrakurikuler
Skala 0-100
Skala 1- 4
86 -100
4
A
SB
81- 85
3.66
A-
76 – 80
3.33
B+
B
71-75
3.00
B
66-70
2.66
B-
61-65
2.33
C+
C
56-60
2
C
51-55
1.66
C-
46-50
1.33
D+
K
0-45
1
D


KETERANGAN NILAI KUALITATIF
Nilai kualitatif yang digunakan untuk nilai sikap spiritual (KI 1), dan sikap sosial (KI 2), serta kegiatan ekstrakurikuler, adalah:
SB       =          Sangat Baik 
B          =          Baik 
C                     =          Cukup
K          =          Kurang

8.    Laporan perkembangan fisik/kesehatan diisi dengan data kuantitatif berdasarkan hasil pengukuran yang dilakukan guru atau pihak lain yang relevan.

9.    Laporan kondisi kesehatan diisi dengan deskripsi hasil pemeriksanaan yang dilakukan guru atau pihak lain yang relevan.

10.  Kolom ketidakhadiran diisi dengan data akumulasi ketidakhadiran siswa, baik karena sakit, izin, maupun tanpa keterangan dalam satu semester.




B.   IDENTITAS PESERTA DIDIK
1.    Nama Peserta Didik
:
.......................................................................................
2.    Nomor Induk
:
.......................................................................................
3.    Tempat, Tanggal Lahir
:
.......................................................................................
4.    Jenis Kelamin
:
.......................................................................................
5.    Agama
:
.......................................................................................
6.    Pendidikan sebelumnya
:
.......................................................................................
7.    Alamat Peserta Didik
:
.......................................................................................
8.     Nama Orang Tua
:

a.  Ayah
:
.......................................................................................
b.  Ibu        
:
.......................................................................................
9.     Pekerjaan Orang Tua
:

a.  Ayah
:
.......................................................................................
b.  Ibu        
:
.......................................................................................
10.  Alamat Orang Tua
:

Jalan
:
.......................................................................................
Kelurahan/Desa
:
.......................................................................................
Kecamatan
:
.......................................................................................
Kabupaten/Kota
:
.......................................................................................
Provinsi
:
.......................................................................................
11.  Wali Peserta Didik
:

a.  Nama
:
.......................................................................................
b.  Pekerjaan
:
.......................................................................................
c.  Alamat
:
.......................................................................................
                       



3 X 4 CM
                                                            ……………………………., ……………………………….
                                                             Kepala Sekolah,






…………………….………
                                                             NIP.



Nama Peserta Didik
:
……………………………….
Kelas
:
………………
Nomor Induk
:
……………………………….
Semester
:
1 (satu)
Nama Sekolah
:
……………………………….
Tahun Pelajaran
:
20.... / 20.......
Alamat Sekolah
:
…………………………………………………………………………….


……………………………………………………………………………

A.   SIKAP SPIRITUAL (KI-1)
ASPEK YANG DINILAI
CAPAIAN
DESKRIPSI
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
Diisi dengan klasifikasi capaian yaitu : SB, B, C, dan K sesuai rekap hasil penilaian sikap spriritual
Diisi dengan deskripsi positif capaian kompetensi dasar yang paling menonjol berdasarkan rubrik capaian penilaian sikap spiritual.
.








B.   SIKAP SOSIAL (KI-2)
ASPEK YANG DINILAI
CAPAIAN
DESKRIPSI
Perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru
Diisi dengan klasifikasi capaian yaitu : SB, B, C, dan K sesuai rekap hasil penilaian sikap sosial
Diisi dengan deskripsi positif capaian kompetensi dasar yang paling menonjol berdasarkan rubrik capaian penilaian sikap sosial.










C.   PENGETAHUAN (KI-3)
No
Kompetensi yang dinilai
Capaian
Deskripsi
1
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konsep Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Diisi dengan nilai yang di peroleh siswa sesuai rekap hasil penilaian  pengetahuan  dalam skala1-4
Diisi dengan deskripsi positif capaian kompetensi dasar yang paling menonjol berdasarkan rubrik capaian penilaian sikap pengetahuan.
2
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konsep Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan




3
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konsep Bahasa Indonesia




4
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konsep Matematika




5
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konsep lmu Pengetahuan Alam




6
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konsep Ilmu Pengetahuan Sosial





7
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konsep Seni Budaya dan Prakarya




8
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konsep Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan







D.   KETERAMPILAN (KI-4)
No
Kompetensi yang dinilai
Capaian
Deskripsi
1
Menyajikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti

Diisi dengan nilai yang di peroleh siswa sesuai rekap hasil penilaian  keterampilan dalam skala 1-4
Diisi dengan deskripsi positif capaian kompetensi dasar yang paling menonjol berdasarkan rubrik capaian penilaian keterampilan.
2
Menyajikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan




3
Menyajikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia





4
Menyajikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran Matematika





5
Menyajikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran lmu Pengetahuan Alam





6
Menyajikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial





7
Menyajikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya





8
Menyajikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan





E.   MUATAN LOKAL (KI-3)
No
Kompetensi yang dinilai
Capaian
Deskripsi
1
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konsep muatan lokal ………………….

Diisi dengan nilai yang di peroleh siswa sesuai rekap hasil penilaian  keterampilan dalam skala 1-4.
Diisi dengan deskripsi positif capaian kompetensi dasar yang paling menonjol berdasarkan rubrik capaian penilaian pengetahuan.
2
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konsep muatan lokal ………………….





3
Mengingat dan memahami pengetahuan faktual dan konsep muatan lokal ………………….






F.    MUATAN LOKAL (KI-4)
No
Kompetensi yang dinilai
Capaian
Deskripsi
1
Menyajikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran muatan lokal ………………….

Diisi dengan nilai yang di peroleh siswa sesuai rekap hasil penilaian  keterampilan dalam skala 1-4
Diisi dengan deskripsi positif capaian kompetensi dasar yang paling menonjol berdasarkan rubrik capaian penilaian keterampilan.
2
Menyajikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran muatan lokal ………………….





3
Menyajikan pengetahuan dan keterampilan dalam pembelajaran muatan lokal ………………….






G.   EKSTRAKURIKULER
No.
Kegiatan Ekstrakurikuler
Capaian
Keterangan

1.

Praja Muda Karana (Pramuka)
Diisi dengan klasifikasi capaian yaitu : SB, B, C, dan K sesuai rekap hasil penilaian
 Diisi dengan sikap, pengatahuan, dan keterampilan yang menonjol






2.

Diisi jenis ekstrakurikuler pilihan yang diikuti siswa
……………………………………







3.
. ………………………………………



  1. Saran-saran
Diisi catatan guru tentang kemampuan yang sangat menonjol dalam aspek sikap religius, sosial, pengetahuan, atau keterampilan.


Ketidakhadiran
Sakit                         : _____ hari
Izin                            : _____ hari
Tanpa Keterangan    : _____ hari



Mengetahui:                                                                           ....................., ...............20......
Orang Tua/Wali,                                                                    Guru Kelas,



                                                                                              ________________________
                                                                                              NIP ......................................